Sabtu, 22 Juni 2013

BAHASA JEPANG

Bahasa jepang merupakan salah satu bahasa asing yang kini mulai sering diajarkan di sekolah - sekolah. tak anyal memang fenomena ini terjadi berhubung mulai disadari betapa pentingnya mempelajari bahasa dari negeri matahari terbit ini.

Berikut beberapa alasannya:

1. EKONOMI JEPANG

Ekonomi pasar bebas dan terindustrisasi Jepang merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Cina dalam istilah paritas daya beli internasional. Ekonominya sangat efisien dan bersaing dalam area yang berhubungan ke perdagangan internasional, tapi produktivitas lebih rendah di bidang agriklutur, distribusi, dan pelayanan.
Setelah mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia dari 1960-an ke 1980-an, ekonomi Jepang merosot secara drastis pada awal 1990-an, ketika "ekonomi gelembung" jatuh. Persediaan kepemimpinan industri dan teknisi, pekerja yang berpendidikan tinggi dan bekerja keras, tabungan dan invesatasi besar dan promosi intensif pengembangan industri dan perdagangan internasional telah memproduksi ekonomi industri yang matang.
Jepang memiliki sumber daya alam yang rendah, tetapi perdagangan menolongnya mendapatkan sumber daya untuk ekonominya.
Meskipun prospek ekonomi jangka panjang Jepang masih bagus, namun sekarang dia berada dalam resesi terburuknya sejak Perang Dunia II. Harga saham dan properti tetap yang turun, menandai akhir dari "ekonomi busa" 1980-an. GDP nyata di Jepang tumbuh rata-rata sekitar 1% antara 1991-98, dibandingkan dengan 1980-an sekitar 4%. Pertumbuhan di Jepang pada dekade ini lebih rendah dari pertumbuhan negara maju lainnya. Jepang memasuki masa resesi pada awal millenia, dimulai oleh resesi di Amerika Serikat, tetapi sejak 2003 telah mulai tumbuh kembali dengan kuat dan pada 2004 menikmati pertumbuhan tertinggi sejak 1990.

2. SALAH SATU NEGARA MAJU DI ASIA

Jepang merupakan salah satu negara maju di asia selain Cina, singapura, dan korea selatan


Di bidang perekonomian, Jepang banyak memegang peran penting, pendapatan perkapitanya yang tinggi (mencapai 31.410 US dollar) serta kestabilan mata uangnya mengantarkan Jepang sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia. Di percaturan dunia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan mendapat julukan “Macan Asia” karena kemampuan negara-negara tersebut dalam memperkukuh pengaruh perekonomiannya di kawasan Asia.
Berikut ini beberapa bentuk kemajuan Jepang di berbagai bidang.

a ) Kemajuan Jepang di bidang pertanian

Daratan Jepang banyak terdapat gunung dan pegunungan, sehingga topografinya relatif kasar. Kondisi ini menyebabkan Jepang memiliki luas wilayah pertanian yang tidak begitu luas, yaitu hanya ± 16% dari seluruh wilayah daratannya. Akan tetapi, meskipun luas wilayah pertaniannya relatif sempit, Jepang ternyata mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengolah dan berinovasi di bidang pertanian, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam menciptakan varietas-varietas baru unggulan, pupuk, alat-alat pertanian dan obat-obatan. Hasil-hasil pertanian Jepang antara lain padi, kentang, jagung, sayur-sayuran, teh, jeruk, dan apel.

b ) Kemajuan di bidang perikanan dan peternakan

Ikan merupakan bahan makanan kegemaran mayoritas penduduk Jepang. Oleh karena itulah pemenuhan akan konsumsi ikan (terutama ikan laut) di Jepang sangat tinggi. Hal ini didukung oleh adanya pertemuan arus hangat dan arus dingin (Kurosyiwo dan Oyasyiwo) di perairan Jepang yang kaya akan ikan. Hasilhasil perikanan Jepang meliputi ikan salmon, makarel, tuna, hiu, haring, dan paus. Kesemuanya itu sebagian dikonsumsi langsung dan sebagian lagi diolah sebagai makanan kaleng. Adapun peternakan yang banyak berkembang di Jepang adalah peternakan babi, ayam, dan sapi.

c ) Kemajuan di bidang industri

Jepang merupakan negara industri besar. Bahkan saat ini Jepang menduduki peringkat kedua setelah Amerika Serikat sebagai negara industri besar di dunia. Produk industri Jepang telah tersebar ke berbagai pelosok dunia. Produk-produk tersebut meliputi produk permainan, barang elektronik, mobil/ otomotif, obat-obatan/bahan kimia, tekstil, bahan makanan olahan, semen, kertas dan barang cetakan, kamera, dan alat transportasi. Bahkan, saat ini hasil industri otomotif Jepang merupakan hasil industri otomotif terbesar dunia. Hasil pembangunan negara Jepang di bidang industri ini sangat luar biasa, mengingat Jepang miskin sumber bahan mineral, sehingga sebagian besar bahan baku industri tersebut diimpor dari negara lain, termasuk dari Indonesia.

3 BAHASA JEPANG MERUPAKAN BAHASA PALING SERING DIGUNAKAN DI INTERNET

Bahasa Jepang adalah bahasa keempat yang paling banyak digunakan di internet. Sebanyak 99.143.700 orang atau 5,3 persen pengguna di internet menggunakan bahasa Negeri Sakura ini. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah masyarakat Jepang yang menggunakan internet, yaitu 99.144.000 orang. Sehingga besar kemungkinan sebagian besar pengguna internet Jepang menggunakan Bahasa Jepang sebagai bahasa interaksinya di dunia maya.



4. ANIMASI DAN KOMIK JEPANG MEMBANJIRI DUNIA
animasi dan komik jepang memang paling top,,,pasti readers semua tahu naruto, one piece , doraemon, shinchan dan............ masih banyak lagi deh pokoknya kalau di jabarin gak abis - abis deh..... semua pasti juga setuju kan dengan pendapat ku.

hal ini dikarenakan
a) alur ceritanya yang penuh imaginasi tapi tetep nyambung ama ceritanya
b) karakter/tokohnya yang unik mulai dari bentuk fisiknya sampe sifatnya yang bener - bener ditonjolkan
c) ilustrasi gambarnya sangat menarik dan bagus


5. MASAKAN JEPANG TERKENALL DI PENJURU DUNIA

SUSSHI,,,,,,,,,,,,yupz masakan asli jepang ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. makanan jepang yang terdiri dari nasi dan dibentuk bersama lauk pauk seperti makanan laut (udang,ikan), daging maupun sayuran ini merupakan salah satu pangaanan yang sangat populer di dunia termasuk di indonesia.

nasinya yang berasa asam dan lembut inii sangat disukai masyarakat di dunia. selain itu makanan ini juga termasuk dalam jajaran masakan tersehat di dunia


6. BUDAYA  /  TRADISI JEPANG YANG MENARIK

yupz,,,,budaya. pasti para readers juga setuju kan kalau jepang punya banyak budaya yang menarik seperti budaya minum teh, cost play, hinamatsuri, acara penyambutan tahun baru yang unik,doll festival, sakura festival . banyaklah yang cukup buat dibeberin di sini.


Namun, yang namanya belajar bahasa asing pastilah sulit.Seperti bahasa Inggris misalnya...........
ada yang belajar bahasa inggris dari SD sampe SMA saja belum bisa ngomong bahasa inggris, apalagi di tambah jepang baik susunan kalimat maupun hurufnya yang jauh dari kata sama dengan bahasa indonesia pasti tambah bikin kepala cekot - cekot.

Tapi, menurutku kasus di atas itu terletak pada orangnya yang gak punya keinginan buat mau belajar, jadi tak heran kalau mereka tak bisa ngomong inggris meskipun dah belasan tahun belajar.

"Pada dasarnya semua yang kita impikan bisa kita capai, dan semua orang punya kesempatan yang sama untuk mewujudkannya, hanya yang membedakan terwujud tidaknya adalah usaha kita sendiri "




Tidak ada komentar:

Posting Komentar